Permudah Pasien, Kebutuhan Darah Bisa Didapat di Bank Darah Rumah Sakit

By adminKN 13 Feb 2023, 15:03:15 WIB Pemkab Kutai Kartanegara
Permudah Pasien, Kebutuhan Darah Bisa Didapat di Bank Darah Rumah Sakit

Keterangan Gambar : PMI Kutai Kartanegara Terus Bergerak Mencari Pendonor Darah di Setiap Event (dok:istimewa)


kukarnews.id, KUTAI KARTANEGARA - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus melakukan upaya mempermudah pelayanan bagi masyarakat Kukar yang memerlukan ketersediaan darah untuk berobat. Masyarakat kini tak perlu lagi khawatir akan kekurangan ketersediaan darah untuk kebutuhan pasien di rumah sakit. 


Alur dan mekanisme kebutuhan darah juga dibuat lebih mudah. Sehingga khususnya keluarga pasien yang membutuhkan darah tidak harus repot-repot mendatangi Palang Merah Indonesia (PMI) Kukar. 

Baca Lainnya :


Keluarga pasien yang membutuhkan darah bisa langsung mendatangi Bank Darah Rumah Sakit (BDRS) terdekat sesuai wilayahnya, baik itu di RSUD AM Parikesit maupun RSUD Gerbang Dayaku Raja Kota Bangun. 


BDRS sendiri merupakan sebuah unit pelayanan di rumah sakit yang bertanggung jawab atas ketersediaannya darah untuk transfusi yang aman. BDRS adalah satu unit yang wajib ada di setiap rumah sakit. 


“Selama ini keluarga pasien masih datang ke PMI untuk mengambil darah. Sekarang alur mekanismenya sudah berubah, lebih singkat dan lebih mudah,” jelas Ketua PMI Kukar, Ismed, Senin (13/2/2023). 


Ismed menjelaskan, mekanisme singkatnya saat keluarga pasien memerlukan darah, nantinya pihak perawat akan menyampaikan surat untuk kebutuhan darah. Selanjutnya, keluarga pasien langsung menuju unit BDRS yang ada di rumah sakit untuk mengajukan permintaan darah. 


“Artinya cukup sampai di situ, apabila kebutuhan darah ada akan diberikan oleh BDRS. Kalau darah belum tersedia atau terjadi kekosongan, nanti BDRS akan berkoordinasi dengan PMI Kukar untuk menyuplai darah ke BDRS,” tambahnya. 


Dengan mekanisme yang lebih mudah, PMI Kukar memastikan untuk selalu memenuhi ketersediaan darah bagi pasien Kukar yang membutuhkan. Bagi masyarakat yang perlu pelayanan permintaan darah ataupun memastikan stok darah bisa langsung menghubungi call center PMI Kukar di nomor 08115436000. 


“Untuk ketersediaan darah update dan bisa dicek di instagram @pmi_kutaikartanegara, darah kita sangat cukup untuk dua rumah sakit. Kalau mau tanya stok bisa langsung konfirmasi ke PMI Kukar,” tandasnya. (ld/kn1/rhi)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....


kanan - iklan sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.