Wajib Laksanakan MTQ di Tiap Kecamatan, Berdayakan Bibit Lokal

By adminKN 26 Mei 2023, 15:27:02 WIB Pemkab Kutai Kartanegara
Wajib Laksanakan MTQ di Tiap Kecamatan, Berdayakan Bibit Lokal

Keterangan Gambar : Sekretaris Daerah Kukar, Sunggono


kukarnews.id, KUTAI KARTANEGARA - Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya mencetak dan memberdayakan bibit lokal dari tiap kecamatan, untuk bisa berprestasi dari tingkat kabupaten hingga tingga nasional. Untuk menjaring tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar yang juga menjabat sebagai Ketua LPTQ Kabupaten Kukar, Sunggono menginstruksikan agar di tiap kecamatan se-Kukar melaksanakan Musabaqah Tilawatil Qura'an (MTQ).


Sunggono menyebut jika MTQ di tingkat kecamatan tidak dilaksanakan, maka perwakilan kecamatan tersebut tak diperbolehkan mengikuti MTQ di tingkat Kabupaten Kukar.

Baca Lainnya :


“Kalau tidak bisa melaksanakan kemungkinan (hasil rapat sementara,red) mereka tidak boleh ikut MTQ kabupaten. Karena harapannya kita bisa membumikan Al-Qur’an di Kukar,” ucap Sunggono.


Menurut Sunggono, sebenarnya tidak sampai 25 persen kecamatan yang tidak atau belum melaksanakan MTQ. Tetapi dirinya sering kali mendengar keluhan dari pengurus LPTQ kecamatan dan para kafilah soal tidak rutinnya MTQ digelar di beberapa kecamatan. 


Keluhan ini didengar Sunggono saat sedang mengunjungi sejumlah kecamatan, seperti Tenggarong Seberang dan Tabang. Padahal pada prinsipnya, para tokoh agama serta ustaz dan ustazah di kecamatan sangat menginginkan MTQ dapat diselenggarakan. Namun, mereka merasa tidak adanya dukungan dan koordinasi yang dilaksanakan pemerintah kecamatan. 


“Akhirnya nggak dilaksanakan. Faktornya ya pengurus yang tidak terlalu aktif di kecamatan, pemerintah kecamatannya atau karena pengurus LPTQ kecamatannya abai,” urainya. 


Instruksi itu juga untuk menegaskan agar talenta-talenta di kecamatan bisa terjaring maksimal. Sebagaimana diketahui, Kukar menjadi daerah yang berhasil mempertahankan predikat Juara Umum MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sebanyak enam kali berturut-turut. 


Tahun 2023 ini, Kukar kembali membawa pulang piala Juara Umum pada ajang MTQ Provinsi Kaltim yang diselenggarakan di Kota Balikpapan. Lima penghargaan diraih Kukar sebelumnya di Penajam Paser Utara (2017), Berau (2018), Paser (2019), Bontang (2021), Samarinda (2022).


Sementara itu Bupati Kukar Edi Damansyah menilai, keberhasilan atas prestasi ini tak lepas dari program pengembangan yang dilakukan LPTQ Kabupaten Kukar. Dia mau prestasi yang telah diraih bisa dievaluasi untuk diimplementasikan kembali, agar ke depan pengembangan tilawatil qur’an di Kukar bisa semakin baik. 


“Bidang apapun pembinaannya, kami akan optimalkan membina anak asli Kukar. Saya sangat percaya, jika pembinaan baik pasti hasilnya baik. Anak-anak di Kukar juga merupakan anak yang hebat dan membanggakan,” ucap Edi Damansyah. (adv/diskominfo/kkr/kn1/rhi)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....


kanan - iklan sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.