Dinas PPKUKM Gelar Sosialisasi TKDN dan e-Katalog Bagi UKM dan OPD Kaltim

By adminKN 28 Jun 2024, 16:12:22 WIB Kalimantan Timur
Dinas PPKUKM Gelar Sosialisasi TKDN dan e-Katalog Bagi UKM dan OPD Kaltim

kukarnews.id, SAMARINDA - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Sosialisasi dan Edukasi TKDN dan e-Katalog l yang berlangsung di Hotel Puri Senyiur, Jumat (28/6/2024). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka membangun jaringan bisnis para pelaku UKM dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kaltim.


Sosialisasi ini langsung dibuka oleh Kepala Dinas PPKUKM Kaltim Heni Purwaningsih, yang diwakili oleh Kepala Bidang Perdagangan Ali Wardana dan diikuti sebanyak 200 peserta dari UKM dan OPD lingkup Pemprov Kaltim, serta juga menghadirkan narasumber dari Balai Standardisasi dan Pelayanan Jasa Industri Samarinda, Haspiadi.

Baca Lainnya :


Ali Wardana menyebutkan bahwa, peran UKM semakin krusial sebagai motor penggerak ekonomi daerah, berkontribusi signifikan dalam menciptakan lapangan kerja, mengurangi kemiskinan  dan mendorong inovasi. Namun, akses pasar yang memadai menjadi tantangan utama yang perlu diatasi. Sehingga pentingnya e-katalog dalam meningkatkan transparansi, efisiensi, dan efektivitas, serta membantu UKM berdaya saing di era digital saat ini.


“Memastikan produk lokal kita memiliki perhatian besar untuk berpartisipasi dalam pengadaan yang dilakukan pemerintah. Sosialisasi dan edukasi e-katalog ini diharapkan dapat membangun jaringan bisnis antara UKM dan OPD di Kaltim, sehingga usaha dapat maju dan berkembang,” jelas Ali.




Ali menambahkan bahwa e-katalog sangat membantu UKM dalam proses bisnisnya. UKM yang terdaftar dalam e-katalog terjamin produknya, memudahkan OPD maupun pihak lain yang ingin membeli barang atau jasa dari UKM tersebut dengan melihat daftar yang tersedia, termasuk jenis barang dan jasa, harga, serta kontak yang dapat dihubungi. “Penting bagi kita untuk memastikan pelaku UKM dapat memanfaatkan teknologi secara optimal, sehingga barang yang sudah disiapkan tidak sia-sia tanpa pembeli,” pungkasnya.


Dalam kegiatan ini turut diisi dengan Bisnis Matching, ajang mengenalkan pelaku usaha dan jajaran OPD, yang diharapkan dapat membangun jaringan bisnis, sehingga berdampak positif bagi daerah, memperkuat kemandirian ekonomi, dan menciptakan lapangan kerja baru. (adv/dppkukmkaltim/kn1/rhi)







Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Loading....


kanan - iklan sidebar

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Instagram, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.